Un 2018 #Persamaan #Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

mie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www.mie-indonesia.com UN 2018 #Persamaan #Pertidaksamaan Linear Satu Variabel selanjutnya........, atau lihat dulu @Daftar Isi


Persamaan linear satu variabel, pertidaksamaan linear satu variabel, pertidaksamaan ekivalen, membalik tanda ketidaksamaan, motivasi pandangan gres edukasi indonesia merupakan kumpulan beberapa kata membantu anda fokus membaca isi artikel ini.

Dalam kehidupan kita, kita sering mendengar ucapan yang hampir sama dengan pernyataan ini misalnya, "uang saya kalau ditambah 20 ribu rupiah saja maka akan menjadi 100 ripu rupiah". Atau pernyataan menyerupai ini, "uang anda kalau dikurangi 80 ribu rupiah kesudahannya lebih kecil dari 45 ribu rupiah."

Kedua bentuk pernyataan di atas mengandung variabel yaitu pada pernyataan pertama variabelnya yaitu uang saya, sedangkan pada pernyataan kedua variabelnya yaitu uang anda. Dari kedua pernyataan tersebut masing-masing mengandung satu variabel dengan memakai operator = dan <. Kedua pernyataan ini bila dinyatakan secara matematika merupakan bentuk persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Teorinya menyerupai terangkum dalam topik "ringkasan materi matematika Sekolah Menengah Pertama siap Ujian Nasional (UN) 2018" menyerupai tertera di bawah ini.

1. Persamaan Linear Satu Variabel

Persamaan linear satu variabel yaitu kalimat matematika yang memuat satu variabel berpangkat satu dan bertanda sama dengan "=". Misalnya :

Penyelesaian persamaan linear satu variabel yaitu nilai variabel yang memenuhil persamaan tersebut.

Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel sanggup dilakukan dengan menyederhanakannya, yaitu dengan memilih bentuk ekivalen paling sederhana dari persamaan tersebut.

Suatu persamaan tetap ekivalen kalau :
a. kedua ruang ditambah/dikurangi dengan bilangan yang sama;
b. kedua ruas dikali/dibagi dengan bilangan yang sama bukan nol.

2. Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Pertidaksamaan linear satu variabel yaitu kalimat matematika yang memuat satu variabel berpangkat satu dan terdapat tanda ketidaksamaan yaitu" ."

Penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel berupa interval nilai variabel yang memenuhi ketidaksamaan tersebut.

Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel dilakukan dengan memilih suatu bentuk ekivalen paling sederhana dari pertidaksamaan tersebut.

Suatu pertidaksamaan ekivalen kalau :
a. kedua ruas ditambah/dikurangi dengan bilangan yang sama;
b. kedua ruas dikali/dibagi dengan bilangan positif yang sama;
c. kedua ruas dikali/dibagi dengan bilangan negatif yang sama diikuti dengan membalik tanda ketidaksamaan.


Contoh Soal


mie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www UN 2018 #Persamaan #Pertidaksamaan Linear Satu Variabel






mie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www UN 2018 #Persamaan #Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Soal-Soal Latihan

Setelah mempelajari teori di atas, ke-tiga soal yang tersaji akan dibahas penyelesaian soal menyerupai tampak pada video di bawah ini, atau klik YOUTUBE disini 
Semoga postingan "UN 2018 #Persamaan #Pertidaksamaan Linear Satu Variabel" akan bermanfaat bagi siswa untuk berguru mandiri, bagi guru sebagai materi acuan untuk mengajar, serta seluruh manusia pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video wacana matematika.

Terima kasih bagi pembaca yang sudah melihat, membaca, dan men-follow artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Sukses Ujian Nasional (Un) 2018 # Lingkaran, Sudut Sentra Dan Sudut Keliling.

Kemendikbud Un 2018 Jaring-Jaring Dan Kerangka Bangkit Ruang