Setujukah Anda Ibukota Ri Pindah Ke Kota Lain?

 Saat ini media ramai memberitakan wacana akan memindahkan ibukota RI Jakarta  Setujukah anda ibukota RI pindah ke kota lain?

Saat ini media ramai memberitakan wacana akan memindahkan ibukota RI Jakarta (Gambar Kiri Atas) ke kota lain, kabarnya sih ke Palangkaraya.


Berbagai pakar sejarah, hebat perkotaan, tokoh politik, dan kaum intelektual diundang untuk dimintai pendapatnya, sebagian besar pro dan ada juga yang kontra dengan aneka macam macam alasan. Yang pro masih berbeda pandang wacana pemilihan tempat, ada yang mengusulkan tetap di pulau Jawa ada juga yang diluar pulau Jawa dalam hal ini yang banyak dibicarakan yaitu kota Palangkaraya (Gambar Tengah Kanan). Tokoh nasional bapak Yusuf Kalla wapres RI-pun tidak baiklah dengan alasan terlalu rumit alasannya yaitu harus memindahkan ribuan karyawan ke ibukota yang gres tersebut (www.kompasiana.com)

Sebagai masyarakat biasa, bila penulis diundang untuk ngomong, penulis ingin bertanya agar ada analogi berpikir untuk wacana ini?
*)Siapa sih yang ditawari pindah rumah ke daerah yang gres yang suasananya nyaman, tidak berisik, tidak banjir, risiko petaka lebih kecil AKAN MENOLAK?


Penulis tentu saja ingin menyampaikan bahwa wacana untuk memindahkan ibukota RI ke kota lain tentu sangat SETUJU sekali alasannya yaitu beban Jakarta dikala ini sudah sangat berat sebagai kota besar terbanyak penduduknya, sebagai kota sentra bisnis, sebagai pusat pemerintahan tentunya SANGAT TIDAK NYAMAN. Pemerintah yang berkualitas sangat membutuhkan kekuatan pikiran dan tenaga sumber daya manusianya tentulah membutuhkan suasana yang nyaman untuk bekerja, Pertanyaannya, apakah sanggup disediakana oleh Jakarta dikala ini, dimana pergi dan pulang kerja saja sudah menciptakan orang stress dengan kemacetannya?

Penulis tidak akan mempermasalahkan ibukota RI apakah nantinya di Palangkaraya atau kota lain selain kota-kota di pulau Jawa. Mengapa bukan di pulau Jawa? Menurut penulis pulau Jawa juga sudah padat penduduknya, rawan dengan petaka ibarat banyaknya gunung api aktif dan sering mengalami gempa juga. Jadi, jikalau pulau Kalimantan dengan kota apapun nantinya yang terpilih penulis SANGAT SETUJU mengingat pulau Kalimantan relatif kondusif dari petaka ibarat gemba bumi, letusan gunung api dan lain-lain; selain itu tanahnya masih luas serta penduduknya juga relatif sedikit. Bagaimanakah berdasarkan anda???

Penulis juga berharap bila memang ibukota RI dipindahkan ke salah satu kota di Kalimantan yaitu Palangkayara, ada beberapa hal POSITIF yang terjadi diantaranya :
☝Penyebaran penduduk agak merata ke Indonesia Timur alasannya yaitu orang-orang tidak lagi terfokus untuk tiba ke Jakarta atau kota-kota besar pulau Jawa lainnya
☝Kegiatan ekonomi-pun ikut bertumbuh dengan cepat nantinya di kota gres sentra pemerintahan RI 
☝Terbukanya lapangan kerja di aneka macam sektor contohnya perumahan, pertokoan, pariwisata dan lain-lain yang tentunya menggandakan apa yang terjadi di ibukota Jakarta
☝Harapan semua warga negara tentunya di kota pemerintahan yang gres tanpa stress macet, polusi, bising, banjir dll akan menciptakan energi untuk bekerja di "tanah baru" atau "rumah baru" tentunya akan menghasilkan pemerintahan yang baik dan berkualitas.

Akhirnya, kita tunggu saja apa keputusan dari Bapak Presiden RI...................; dan bagaimana berdasarkan pendapat anda wacana wacana ini, silahkan berkomentar........................ santai aja ya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Sukses Ujian Nasional (Un) 2018 # Lingkaran, Sudut Sentra Dan Sudut Keliling.

Kemendikbud Un 2018 Jaring-Jaring Dan Kerangka Bangkit Ruang